UD. Mebel jati

TIPS MERAWAT MEBEL JEPARA

Merawat mebel jati dan furniture jepara dengan bahan alami agar lebih awet

TIPS MERAWAT MEBEL JEPARA

 

1. Mebel kayu jati akan lebih awet jika kita tempatkan  pada tempat yang bersih dan kering dengan suhu normal antara 25 sampai 35 derajat celcius. Karena kelembaban udara tinggi dapat mempercepat proses oksidasi kayu, yang dapat menyebabkan serangan jamur dan merupakan kondisi ideal untuk perkembangbiakan rayap atau serangga kayu lainnya. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture kamu terlihat kusam, lapisan retak atau bahkan melengkung.

2. Supaya permukaan mebel selalu kelihatan bersih, kita sebaiknya rutin membersihkan dari debu dan kotoran, bisa dengan menggunakan lap atau kemoceng, atau alat pembersih lainnya. Terutama disela-sela ukiran atau sudut furniture jati dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih. Bisa menggunakan pledge, 99 atau pembersih khusus mebel lainya yang banyak dijual di toko-toko, semprotkan seperlunya pada permukaan mebel dan pastikan permukaan dibersihkan dengan kain ball dan biarkan mengering. Jangan gunakan bahan pembersih furniture yang mengandung bahan solvent seperti metanoltoluenacetone dll. Bahan-bahan kimia seperti ini memang dapat membersihkan dengan mudah tetapi dapat merusak lapisan top coating.  Bisa juga menggunakan air bersih dan sedikit deterjen untuk membersihkan kotoran yang membandel dan menempel. 

3Jika kita punya mebel jati dengan warna alami jati, kita bisa memolesnya dengan minyak jati. Namun jika furniture jati tersebut diletakkan di outdoor atau diluar ruangan, biasanya finishing atau coating akan memudar. kamu bisa merefinishingnya 2-3 tahun sekali untuk membuatnya lebih indah.

4Jagalah permukaan furniture dengan baik, menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak dapat meminimalisir kemungkinan yang dapat merusak mebel Anda secara perlahan.

 

 

Berikut ini beberapa bahan-bahan tertentu yang dapat membantu membersihkan kotoran pada mebel jepara kamu.

1. Biji kemiri dapat digunakan untuk merawat furniture jati. Caranya adalah dengan membakar 5 biji kemiri tersebut sampai keluar minyaknya. Bungkuslah kemiri dengan kain kasa dan hancurkan dengan cara dipukul. Kemudian gosokmebel Anda dengan kemiri yang dibungkus kain kasa tadi, makafurniture jati kamu sudah mengkilap seperti baru lagi

 

2. Tepung sagu, tepung kanji, atau tepung maizena dapat digunakan untuk membersihkan furniture. Caranya taburkan tepung kanji ke bagian mebel yang kotor penuh dengan bekas telapak tangan. Kemudian gosokkan secara merata sampai mebel kamu terlihat bersih.


3. Air teh sisa air teh basi untuk membersihkan mebel kamu, karena air teh basi sangat cocok jika digunakan untuk membersihkan furniture. cara sederhananya cukup oleskan pada bagian mebel kamu, namun setelah itu keringkan secara total ya, agar mebel kamu tidak lembab. 


4. Air cuka. Caranya, campurkan cangkir cuka dan 1 cangkir minyak zaitun, kemudian poles mebel Anda dengan larutan tersebut.  Cara lain yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka dan 1 sendok makan air, ambil spons lalu celupkan ke larutan tadi setelah itu oleskan pada noda. Setelah itu lap furniture kayu jati hingga kering. Terakhir berikan warna atau plitur kembalifurniture Anda.


5. Semir sepatu. Oleskan semir sepatu pada lap kemudian gosokkan pada furniture jati kamu.


6. Untuk membersihkan noda air yang membandel, oleskan pasta gigi pada kain yang sudah dibasahi air, jika noda air agak susah dibersihkan, gunakan washing soda. kamu bisa membeli washing soda di toko-toko bahan kimia. Jika masih belum bisa hilang, gosoklah dengan gabus. Selain itu, bisa dengan cara mencampur abu gosok dengan sedikit minyak goreng kemudian gosokkan larutan ini padafurniture kamu.


7. Untuk menghilangkan noda putih pada furniture jati,  kamu bisa mencelupkan kain ke dalam minyak goreng yang sudah dicampur dengan abu rokok. Gosokkan kain pada noda tadi hingga tidak ada lagi bekasnya. Cara lain yaitu menggunakan gabus yang dicelupkan ke dalam larutan minyak goreng dan abu rokok. Lalu gosok gabus tersebut pada noda setelah itu lap mebel dengan kain yang lembut hingga kering.


8. Untuk membersihkan noda bekas tetesan lelehan lilin diatas meja, caranya adalah dengan menggunakan hair dryer (Pengering rambut) yang sudah dalam keadaan panas, lalu arahkan hair dryer ke bekas noda lilin tersebut sampai lilin meleleh lagi. Kemudian gunakan kain lap yang lembut atau tisu untuk digosokkan ke noda tadi hingga bersih. Langkah terakhir gosok lagi meja dengan kain basah yang sudah dicampur sedikit cuka.


9. Untuk membersihkan bekas sticker yang menempel di mebel jati, teteskan sedikit minyak goreng pada sticker yang ingin dibersihkan, biarkan minyak meresap. Lalu gosok menggunakan kain yang lembut dan ulangi sampai sticker terlepas dan noda hilang.